Searching...
27 December 2015

Cara mengatasi Kinerja Komputer yang lemot

12/27/2015 05:48:00 AM
 
Setelah sebelumnya saya memposting Penyebab Kinerja Komputer yang lemot, sekarang saya akan membagikan langkah-langkah untuk mengatasi masalah tersebut. Sebelum saya utarakan, saya akan sedikit jelaskan rangkuman mengenai artikel sebelumnya. Mengapa kinerja komputer kita terasa lambat/berat itu karna disebabkan beberapa faktor utama yakni, spesifikasi hardware komputer yang kurang memadai, software yang tidak compatible dengan spesifikasi komputer, terlalu banyaknya software yang diinstall, kurangnya perawatan pada komputer dan infeksi virus.

Sebenarnya untuk mengatasinya bisa kita diagnosa dari ke-5 point tersebut. Atau bisa juga dengan cara-cara alternatif lain. Oh ya, ke-5 point tersebut bukan menjadi patokan kinerja komputer kita menjadi lemot, masih ada kemungkinan penyebab-penyebab lain, tapi yang akan saya bahas sekarang ini bersinggungan dengan ke-5 point tersebut. Dan berikut langkah-langkah mengatasi komputer yang lemot.

1.    Tingkatkan spesifikasi hardware
Mungkin sebagian orang menganggap cara ini adalah cara praktis agar kinerja komputer kita menjadi lebih lincah dan lancar. Bagaimana tidak, dilihat dari segi performa memang dikatakan semakin tinggi spesifikasi hardware maka kinerja sebuah perangkat pun semakin optimal. Contoh kasusnya adalah peningkatan (upgrade) RAM dari kapasitas 512 MB misalnya ke RAM yang berkapasitas 1 GB. Atau bisa juga upgrade motherboard dan juga processornya. Kalau dirasa nanggung bisa sekalian ganti seluruh komponennya alias beli perangkat baru. Hehe...
 
2.    Tentukan versi software yang compatible
Suatu ketika kita ingin memasang software CorelDraw, maka kita tentukan terlebih dahulu versi yang mana yang compatible dengan kompi kita. Misalnya kita punya komputer dengan spesifikasi Processor Intel Dual Core dengan RAM yang berkapasitas 2 GB, Harddisk berkapasitas 500 GB dan Graphic Card Intel dengan memori sebesar 512 MB, kemudian kita cocokkan versi dari CorelDraw yang cocok dengan spesifikasi komputer kita, dan disini telah kita dapatkan versi yang compatible dengan spesifikasi kita adalah versi X4. Maka apabila kita ikuti instruksi ini nantinya akan membuat kinerja komputer bisa berjalan dengan stabil. Tetapi apabila kita memaksakan untuk memilih versi yang lebih tinggi misalnya saja versi X7, maka akibatnya akan menurunkan kinerja komputer kita.
 
3.    Copot software yang jarang/sama sekali tidak dipakai
Hal ini juga berpengaruh karena software yang diinstall akan menyimpan proses ke dalam system dimana proses ini akan otomatis berjalan ketika komputer dinyalakan. Jadi semakin banyak software yang diinstall, maka akan semakin berat pula beban komputer kita untuk memproses banyak sistem software. Tetapi ada sebuah alternatif apabila kita ingin membiarkan software tetap terinstall namun dapat kita nonaktifkan untuk sementara waktu juga dapat mengurangi beban kerja komputer kita dengan bantuan software tertentu. Salah satu software tersebut adalah TuneUp Utilities. Selain itu, kita juga bisa mematikan sementara service yang tak kita inginkan dari sistem operasi kita. Jika anda menggunakan sistem operasi Windows maka anda bisa mengaksesnya di System Configuration dengan cara tekan tombol Windows + R lalu ketik msconfig. Kemudian pilih tab menu Services, disitu terdapat daftar service yang tersedia di Windows, lalu uncheck pada service yang ingin kita matikan sementara, dan terakhir klik Apply dan OK. Setelah itu restart komputer agar dapat merasakan perbedaannya.
 
4.    Setting performa grafis
Untuk tahap kali ini kita akan sedikit memodifikasi setting grafis untuk meningkatkan performa komputer kita. Jika anda menggunakan sistem operasi Windows ikuti langkah-langkah berikut :
 
a.    Masuk ke Control Panel, pilih System dan Security.

b.    Klik System

c.    Klik Advanced System Settings

d.    Klik Settings

e.    Pilih Adjust for Best Performance, atau bisa juga dipilihi sendiri sesuai keinginan anda mana saja fitur yang ingin anda aktifkan/nonaktifkan, kemudian klik Apply dan OK.

Cara sederhana ini akan sedikit membantu meningkatkan performa komputer dengan spesifikasi kartu grafis (VGA Card) rendah, karna pemprosesan grafis ini sangat berpengaruh terhadap kinerja komputer. Tetapi apabila spesifikasi kartu grafis anda cukup tinggi maka anda bisa abaikan tips ini. Karena Kartu grafis yang tinggi sangat cukup membantu performa komputer dalam pemprosesan grafis.
 
5.    Lakukan perawatan rutin pada komputer
Diantaranya adalah perawatan secara fisik dan non fisik. Secara fisik, tentunya menjaga kondisi kebersihan perangkat anda. Jagalah kebersihan komputer anda dari kotorna dan debu, karna debu-debu yang lama menempel akan mengakibatkan korosi pada perangkat yang akhirnya dapat mengakibatkan kerusakan komponen. Rutinlah membuka cover/casing CPU dan bersihkan bagian dalamnya agar komponen-komponen penting terbebas dari kotoran dan debu. Apabila perangkat yang anda gunakan adalah notebook maka cukup bersihkan bagian luar dan layarnya saja. Sebaiknya gunakan juga Cooling Pad untuk membantu mendinginkan suhu panas yang dikeluarkan dari notebook. Karna suhu panas yang dikeluarkan oleh notebook akibat pemakaian jangka panjang dapat menurunkan performa notebook anda, sama halnya dengan Fan/Kipas yang tertanam didalam komputer yang berfungsi untuk mendinginkan suhu processor.

Kemudian lakukan erawatan secara non fisik yaitu dengan menjalankan beberapa fitur maintenance bawaan dari sistem operasi atau bisa juga dengan bantuan Software Maintenance Utilities seperti Ccleaner, TuneUp Utilities dan lain sebagainya. Matikan juga fitur Automatic Update pada sistem operasi karna hal ini dapat mempengaruhi performa konektifitas internet dan juga akan berpengaruh pada compatibility sebuah software apabila system operasi telah berhasil melakukan update.
 
6.    Bersihkan komputer anda dari VIRUS
Infeksi virus menjadi satu masalah serius bagi banyak pengguna di seluruh dunia. Kurangnya kebalnya sistem keamanan yang ada didalam komputer kita maupun sistem keamanan didalam jaringan internet. Oleh karena itu, dibutuhkan perilaku upaya pencegahan untuk meminimalisir penularan virus ini melalui tindakan yang dapat kita terapkan pada komputer kita, Baca : Mencegah penularan virus melalui USB. Salah satu upaya pencegahan lain adalah memasang software anti-virus terpercaya agar komputer kita senantiasa terlindungi dari penularan virus yang dapat mengganggu system komputer kita. 
Selain itu, aktifitas menjelajah didunia internet yang sehat dan positif tentunya tak akan mengakibatkan terjadinya infeksi virus melalui internet, maksud dari aktifitas menjelajah yang positif dan sehat ini adalah dengan tidak mengunjungi situs-situs berbau negatif, pornografi, situs perjudian, dan lain sebagainya. Kunjungilah hanya situs-situs terpercaya dan situs yang dilengkapi dengan pengamanan jaringan yang cukup kuat. Dengan begitu penularan virus melalui jaringan internet ini dapat diminimalisir.
 
7.    Install ulang sistem operasi
Langkah terakhir yang mungkin menjadi langkah praktis untuk mengembalikan kinerja komputer ajar kembali stabil dan cepat adalah dengan melakukan penginstallan ulang sistem operasi anda. Jika segala cara telah dilakukan agar kinerja komputer kembali stabil tetapi masih gagal juga, maka cara ini patut dilakukan. Kemungkinan besarnya adalah terjadinya file system yang corrupt (hilang/tak ditemukan) akibat infeksi virus yang sudah parah dan juga aktifitas system yang sudah tak normal lagi akibat system yang mendeteksi banyaknya gangguan dan kesalahan data dalam mengolah proses, contohnya kasusnya adalah booting yang lama, shutdown yang lama, sering terjadi hang atau bluescreen, system merestart dengan sendirinya dan yang sebaginya. Dan jalan keluarnya adalah dengan menginstall ulang OS ini.

Sekian dulu artikel mengenai Cara mengatasi kinerja komputer yang lemot ini, apabila ada masukan atau tambahan mengenai artikel ini, silakan berkomentar dikolom yang telah disediakan. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment

Shaftia Adi Nugraha. Powered by Blogger.

Featured Post

Berbagi Pengalaman menjadi Blogger Sukses Penghasilan RATUSAN JUTA Rupiah

Mungkin sebagian orang menganggap kegiatan blogging itu hanyalah sebuah kegiatan yang hanya menghabiskan waktu saja. dengan kata lain, bl...