Searching...
26 December 2015

Penyebab kinerja komputer menjadi lemot

12/26/2015 01:19:00 AM

Sering kali kita merasa sebal apabila disaat kita sedang mengerjakan tugas, mengolah data, browsing ataupun main game, tiba-tiba PC kita 'hang' atau mengalami 'Not Responding' pada aplikasi, dan juga kinerja PC yang menjadi semakin lama menjadi semakin 'lemot'. Memang masalah ini sering kali dialami oleh banyak pengguna komputer di seluruh dunia. Kita sebagai pengguna jangan hanya menjadi 'pengguna' tanpa memperdulikan nasib barang yang kita gunakan. Kita juga harus bisa mengatasi masalah ini secara mandiri, karena sebetulnya cukup mudah untuk kita dapat mengidentifikasinya sendiri apa saja penyebab atau faktor-faktor yang menjadikan komputer kita menjadi terasa lambat/lemot dan berikut ini saya jabarkan beberapa penyebab yang menjadikan komputer kita menjadi lemot agar bisa anda praktekkan sendiri dirumah.

1. Kenali spesifikasi komputer kita terlebih dahulu
Ada pepatah mengatakan "Tak kenal maka tak sayang", dan rasanya pepatah itu berlaku juga untuk komputer kita. Kita sebagai pemilik, harusnya mengetahui semua spesifikasi yang terdapat dikomputer kita. Terkadang orang hanya asal memaki-maki kalo komputernya lemot banget kek, komputernya jadul, komputernya gak tau diuntung (kaya sinetron aja, hehe) dan bla bla bla.. Bagaimana gak lemot kalo ternyata spesifikasi komputer kita memang tidak memadai. Contohnya, Budi punya komputer Pentium 3 dengan spesifikasi yang masih rendah diantaranya sperti yang kita ketahui bahwa Processor dari Pentium 3 itu masih single core (1 inti) dan kecepatan maksimalnya pun masih sebatas 1 Ghz, kapasitas RAM yang dipakai pun masih terbilang kecil yakni 256 MB, terus disuatu hari dia gunakan buat design grafis, browsing, main game gimana gak lemot coba ??? Jadi kenali dulu si komputer, bagaimana spesifikasinya, tapi kalo kita kurang paham soal komputer ya minimal tanya sama yang udah paham, dengan spesifikasi begini apakah mampu buat ini itu dan segala macem. Jangan berharap spesifikasi rendah mau menggunakannya dengan berbagai hal macem. Itu sama saja kaya kerja rodi. Kasihan komputernya, lama-lama bisa rusak gitu aja ntar. Jadi, "Kenali spesifikasi untuk mengetahui sejauh mana kemampuan si doi"

2. Kenali juga spesifikasi software yang dipakai.
Masih tentang kenal-mengenal, selain mengenal si Hardware berikutnya kenali juga si Software. Tahap ini juga menjadi point penting dalam mencari tahu apa penyebab 'lemot' ini karena keduanya saling sinkron/terhubung. Sebelum kita memutuskan untuk menginstall dan menggunakan sebuah software, bacalah terlebih dahulu 'minimum requirements' nya atau 'minimum spesificatons' dari software itu sendiri. Maksudnya, mengetahui apa saja spesifikasi-spesifikasi minimal yang dibutuhkan dari sebuah software agar nantinya software dapat bekerja dengan baik dan lancar dikomputer kita. Jadi kalo secara bahasa umum layaknya syarat-syarat yang harus dipenuhi agar software dapat berfungsi dengan lancar, selain itu juga sebuah software akan menjabarkan pula 'recommended requirements' atau 'recommended spesifications', yaitu daftar spesifikasi yang direkomendasikan oleh pengembang software agar dalam penggunaan software ini lebih stabil dan optimal. Contoh kasusnya, (Masih Budi yang tadi, hehe) Budi ingin menginstall CorelDraw X4 buat design grafis, dan ternyata setelah ia membaca spesifikasi yang dibutuhkan CorelDraw X4 haruslah RAM yang berkapasitas minimal 1 GB tetapi Budi tak memperdulikan himbauan ini dan tetep ngotot untuk menginstallnya.
Setelah software berhasil diinstall Budipun mulai membukanya tapi pada akhirnya yang terjadi adalah kegagalan sistem yang berupa hang. Ya iyalah, secara logika dengan kapasitas RAM Budi yang cuma 256 MB pasti gak akan mampu menjalankan software yang minimal kapasitasnya sebesar 1 GB. Sebenarnya ada juga beberapa software yang akan menolak proses penginstalan apabila software ini mendeteksi bahwa spesifikasi komputer tidak memenuhi syarat minimum penginstallan.

3. Cek apakah kita menginstall terlalu banyak software
Ya, hal ini memang sangat mempengaruhi kinerja komputer kita. Semakin banyak software yang diinstall, maka kinerja komputer kita akan menjadi semakin lambat karena semakin banyaknya proses yang harus ditampung komputer yang nantinya dapat memberatkan kinerja komputer itu sendiri. Jika ternyata kita menginstall banyak software, maka menjadi hal yang lumrah kalo kinerja komputer kita menjadi lemot. Jadi, sesuaikan kebutuhan software kita, pasanglah software yang hanya kita butuhkan saja, jika terdapat software yang jarang atau tidak kita gunakan sama sekali lebih baik kita uninstall saja. Apabila ternyata kita adalah pengguna yang produktif dan membutuhkan banyak software maka solusinya adalah upgrade hardware komputer. Karena kembali lagi, kita harus mengetahui seberapa besar kapasitas kemampuan komputer kita dalam mengolah proses. Tetapi, apabila komputer sudah berspesifikasi tinggi tetapi masih lemot juga, anda bisa abaikan tahap ini dan lanjut ke tahap berikutnya.

4. Apakah komputer kita sudah dirawat dengan baik ?
Jangan bilang kalau ternyata anda sama sekali tidak melakukan perawatan pada komputer anda. Ini yang seringkali diabaikan oleh pengguna dengan alasan belum sempat atau tak punya waktu luang atau alasan lainnya. Kita ambil Persamaannya seperti kendaraan bermotor saja. Apabila kendaraan hanya kita gunakan tanpa memperdulikan kebersihan kendaraan, kemudian perawatan mesin, suku cadang kendaraan dan lain sabagainya maka performa kendaraanpun lama kelamaan akan turun dan akhirnya rusak. Begitu juga Komputer atau gadget lainnya.

Maka mulai dari sekarang coba luangkan waktu untuk melakukan perawatan pada komputer kita, ya minimal sebulan sekali lah. Kalau komputer bukan hanya hardwarenya saja yang diperhatikan, tetapi juga softwarenya atau sistem operasinya perlu diperhatikan. Karena dalam sistem komputer terdapat file-file sampah yang lama-lama akan menumpuk apabila tidak kita bersihkan selain itu juga kesehatan harddisk perlu diperhatikan. Dan ada hal-hal lain lagi yang perlu kita perhatikan perawatannya agar komputer kita dapat berfungsi dengan stabil. Untuk bagaimana melakukan perawatan komputer dengan optimal akan saya bahas di artikel lain.

5. Komputer terinfeksi virus?
Nah ini dia point terbesar dari masalah ini yang menjadi permasalahan sebagian besar pengguna komputer di seluruh dunia. Bagaimana komputer kita terjangkit virus itu sendiri sebenarnya banyak penyebabnya. Diantaranya penularan melalui USB dan Internet. Tetapi tenang, Keduanya bisa sama-sama diatasi. Tetapi kita bicara dahulu soal bagaimana penularannya. Untuk penularan melalui USB contohnya USB Flashdrive atau Flashdisk, kemudian bisa juga USB yang dikoneksikan dengan perangkat handphone/samartphone. Seperti yang kita ketahui, bahwa kita membutuhkan perangkat-perangkat ini sebagai kebutuhan tambahan dalam kegiatan tukar informasi. Mungkin untuk saat ini komputer kita masih bersih dari infeksi virus, tapi apakah itu berlaku juga untuk komputer orang lain? Kita tak dapat mengetahuinya secara pasti. Penularan/Infeksi melalui USB ini tak akan terjadi tanpa adanya suatu koneksi. Yaiyalah. Jadi ketika suatu saat ada seorang teman atau rekan kerja kita yang ingin meminta suatu file kepada kita dan itu melalui penyimpanan USB/flashdisk/Flashdrive/Removable Drive, kita tak tahu pasti apakah miliknya itu bersih dari virus atau tidak. Tetapi tenang saja, jika ternyata komputer kita terlanjur terinfeksi virus, disinilah peran software anti-virus beraksi (emangnya Wirosableng :v beraksi :v). Kemudian yang kedua penularan melalui jaringan internet. Ini yang sangat membahayakan komputer kita. Karena di dunia maya sangat rentan sekali penyebaran virus. Virus yang berasal dari internet ini akan secara diam-diam masuk ke sistem kita yang pada akhirnya dapat membuat kinerja komputer kita memburuk. Salah satu infeksi virus ini bisa berupa software-software yang secara otomatis terinstall dikomputer kita tanpa sepengetahuan dari penggunanya terlebih dahulu. Ini yang memperparah kinerja komputer kita. Apabila masalah ini sudah sangat serius, ujung-ujungnya solusinya adalah Install Ulang Operating System ( Sistem Operasi ). Tapi tak sepenuhnya dijaringan internet itu tidak aman. Banyak situs-situs di internet yang telah dibekali pengamanan ketat agar terlindung dari penyebaran virus yang tak diinginkan. Jadi hindari mengunjungi situs-situs yang tak dikenal dan yang tak dilengkapi pengamanan jaringan. Biasanya banyak terdapat pada situs-situs yang berbau pornografi dan perjudian. Hindari juga situs yang didalamnya terdapat banyak ads (Iklan) yang dapat mengganggu, apalagi iklan yang berjenis pop-up (Iklan yang muncul dalam satu layar penuh halaman browser). Sebagai upaya pencegahan infeksi virus ini, pasanglah juga software anti-virus terpercaya.

Mungkin sekian dulu yang dapat saya postingkan kali ini mengenai beberapa penyebab umum yang menjadikan kinerja komputer kita menjadi lemot, barangkali ada yang ingin menambahkan penyebab-penyebab lain silakan saja utarakan di kolom komentar yang telah disediakan. Dan untuk selanjutnya saya akan membahas artikel lanjutan yakni tentang cara mengatasi kinerja yang lemot.

0 komentar:

Post a Comment

Shaftia Adi Nugraha. Powered by Blogger.

Featured Post

Berbagi Pengalaman menjadi Blogger Sukses Penghasilan RATUSAN JUTA Rupiah

Mungkin sebagian orang menganggap kegiatan blogging itu hanyalah sebuah kegiatan yang hanya menghabiskan waktu saja. dengan kata lain, bl...