Searching...
23 December 2015

Mencegah Penularan Virus dengan menonaktifkan fitur Autoplay pada Windows

12/23/2015 05:45:00 PM
Sobat blogger, kita tahu bahwa Sistem Operasi Windows rentan terhadap virus biasanya persebarannya melalui Removable Drive atau istilah yang biasa kita pakai adalah Flashdisk.  Penularan virus ini sering terjadi karna aktifitas menghubungkan flashdisk dari satu PC ke PC lain yang frekuensinya sering kita lakukan. Sebenarnya tak ada yang salah dengan aktifitas ini, sah-sah saja dan tak mempengaruhi PC kita selama Flashdisk kita maupun Flashdisk orang lain bersih dari virus. Hanya saja terkadang kita tak mengetahui apakah flashdisk kita telah benar-benar bersih dan tak terjangkit virus? Oleh karena itu, untuk melindungi PC kita dari penularan virus yang tak terduga dari aktifitas “tukar flashdisk” ini, kita dapat mencegahnya dengan menonaktifkan fitur Autoplay di Windows.
Untuk penjelasan mengenai Autoplay ini sedikit saja saya jelaskan. Jadi, ketika ada aktifitas Plug and play atau dalam bahasa awamnya colok dan mainkan dalam Windows yang berupa removable disk atau flashdisk, maka sistem windows akan mendeteksi perangkat yang baru  saja terkoneksi/tercolok. Kemudian sistem akan membaca seluruh isi dari perangkat tersebut dan disinilah resiko penularan virus sangatlah memungkinkan. Nah, untuk itu, fitur ini bisa kita non aktifkan sebagai upaya pencegahan penularan virus antar perangkat entah itu Flashdisk, DVD, maupun harddisk external. Jika kita nonaktifkan fitur ini, maka sistem hanya akan menambahkan perangkat yang baru saja terkoneksi tanpa membaca seluruh isi yang terdapat pada perangkat sehingga tips ini bisa memperkecil resiko penularan virus. Tapi tips ini tak seluruhnya memproteksi perangkat dari penularan virus. Masih banyak tips-tips lain yang bisa kita gunakan untuk mencegah penularan virus melalui aktifitas plug and play ini yang akan saya bagikan kepada sobat blogger sekalian tentunya dalam Blog saya ini.
Dan berikut langkah-langkah untuk menonaktifkan fitur Auto-Play Windows :
1.       Jalankan Windows Run dengan menekan tombol Windows+R pada keyboard

2.       Kemudian ketikkan gpedit.msc, klik Enter

3.       Setelah itu akan muncul dialog box, pilih Administrative Templates


4.       Dalam menu ini, pilih All Settings


5.       Dalam menu All Settings, cari Turn Off Autoplay

6.       Terakhir akan muncul kembali Dialog box baru, Klik Enabled kemudian Apply dan OK.

7.       Fitur Auto-Play telah dinonaktifkan, untuk mengaktifkannya kembali tinggal pilih Not Configured
8.       Restart PC agar sistem menerapkan konfigurasi ini
9.       Selamat, PC anda sekarang bisa lebih terlindung dari penularan virus melalui removable disk ini.

Tutorial ini dapat anda unduh secara gratis, Klik disini untuk download atau klik tombol berikut :
http://jafiles.net/file/056a6b


0 komentar:

Post a Comment

Shaftia Adi Nugraha. Powered by Blogger.

Featured Post

Berbagi Pengalaman menjadi Blogger Sukses Penghasilan RATUSAN JUTA Rupiah

Mungkin sebagian orang menganggap kegiatan blogging itu hanyalah sebuah kegiatan yang hanya menghabiskan waktu saja. dengan kata lain, bl...