Searching...
29 December 2015

Tips mengatasi Android yang mulai lemot

12/29/2015 07:34:00 AM

Hai sobat blogger, sebelumnya saya telah membahas tentang langkah-langkah mengatasi kinerja komputer yang lemot, kali ini akan saya akan berikan tips-tips yang bisa meningkatkan kinerja android yang me-lemot. Langsung saja berikut langkah-langkahnya :
1.       Copot aplikasi yang jarang/sama sekali tidak terpakai
Banyaknya aplikasi yang terinstall mempengaruhi performa dari android itu sendiri, hal ini disebabkan karna aplikasi-aplikasi yang terinstall, akan meninggalkan file-file cache dalam memori dimana file-file ini akan membebani kinerja android, selain itu, semakin banyaknya aplikasi yang terinstall maka kapasitas dari penyimpanan internal android akan semakin penuh.  Karena hal ini akan membuat processor dipaksa mengerjakan banyak tugas sehingga menjadikan kinerja android akan semakin lambat.

2.       Bersihkan proses latar belakang
Seperti yang kita ketahui, android memiliki sebuah fitur dimana kita dapat melakukan beberapa proses dan menyimpannya sehingga ketika ingin menjalankan aplikasi lain maka aplikasi yang telah sebelumnya kita buka bisa kita buka kembali tanpa harus mengulang dari awal atau fitur ini biasa dikenal dengan multitasking. Fitur ini memang sangat berguna bagi pengguna smartphone tetapi juga dapat mempengaruhi kinerja smartphone. Sebuah proses yang dijalankan dari aplikasi akan disimpan pada RAM (Random Access Memory) atau dikenal dengan proses latar belakang. Jadi fungsi RAM ini menyimpan proses-proses yang dijalankan oleh aplikasi secara sementara, apabila smartphone direstart-reboot maka proses-proses tersebut akan hilang. Kapasitas dari RAM ini terbatas dan tak bisa ditambahkan pula, jadi semakin banyaknya kita menjalankan aplikasi,  maka kapasitas RAM pun akan semakin penuh oleh proses-proses yang dijalankan dari aplikasi sehingga dapat memperlambat kinerja android. Untuk itu, lakukanlah pembersihan proses latar belakang ini secara berkala agar kapasitas RAM tidak penuh dan kinerja dari android anda pun bisa stabil kembali

3.       Bersihkan data cache dari setiap aplikasi
Data cache adalah file data sementara yang ditinggalkan oleh aplikasi dan biasanya akan tetap ada selama kita tidak menghapus/membersihkannya. Data cache yang tidak dibersihkan akan menimbulkan menumpuknya file data ini sehingga dapat mempengaruhi dari kinerja android itu sendiri. Cara membersihkan data cache ini cukup mudah. Pada menu android masuk ke menu Setting > Aplikasi. Kemudian pilih aplikasi yang ingin dibersihkan data cache nya atau bisa juga kita pilih satu per satu untuk membersihkan data cache semua aplikasi. Kemudian klik Hapus Cache. Tunggu sebentar dan data cache akan berhasil dihapus. Lakukan langkah ini pada semua aplikasi agar dapat meringankan kinerja android.

4.       Jangan gunakan banyak widget
Widget merupakan aplikasi untuk memperhias tampilan utama pada android, dan biasanya widget ini meliputi shortcut aplikasi, widget cuaca, widget jam, widget slide show, wallpaper animasi dan lain sebagainya. Penggunaan widget ini tentunya dapat menguras kinerja android, karena penggunaan widget ini memakan banyak memori dan juga proses. Hal ini dapat memperberat tugas processor sehingga pada akhirnya kinerja android akan terasa sangat berat dan lambat. Oleh karena itu, gunakanlah widget yang penting-penting saja misal jam atau cuaca, selain itu, jika anda ingin menghiasi tampilan android anda, maka pikirkanlah secara matang apa yang akan terjadi bila anda memasang terlalu banyak widget.

5.       Update firmware
Update firmware memperbarui  system yang dapat cukup membantu kinerja android tetapi bisa juga sebaliknya dapat memperburuk keadaan, tergantung bagaimana versi dari firmware tersebut. Jika memang versinya hanya memperbarui file system yang ada, maka kemungkinan akan cukup membantu, tetapi kalau ternyata peningkatan dari versi sebelumya maka besar kemungkinannya akan memperberat kinerja android tergantung dari spesifikasi hardware dari android tersebut.

6.       Reflashing
Cara ini terbilang cukup ampuh, karena reflashing atau Flash ulang perangkat adalah menginstall ulang system asli dari perangkat android. Jadi Reflashing ini adalah seperti mengembalikan semua data-data system android kita seperti pada saat kita membeli untuk pertama kali. Jadi perangkat android layaknya android baru yang baru kita pakai. Tentunya android saat pertama kali dipakai ini terasa lebih cepat dan ringan kan ? Tetapi proses reflashing ini akan menghapus semua aplikasi yang terpasang data-data tersimpan dalam memori telepon sehingga jika anda ingin melakukan reflashing ini backup lah semua data yang tersimpan didalam memori telepon ke memori eksternal. Cara reflashing android ini cukup beragam cukup mudah bila kita ingin melakukannya secara mandiri atau bila kita tidak ingin repot, bawalah ke service center, biaya yang dikeluarkanpun cukup murah, mungkin antara 20ribu hingga 50ribu saja, jadi tak ada salahya jika anda mencoba cara ini bila memang masalah perangkat android anda sudah cukup parah
Sekian dulu tips kali ini, bila ada yang ingin menambahkan silakan saja melalui komentar yang telah disediakan, sampaikan pendapat anda mengenai artikel ini, dan semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment

Shaftia Adi Nugraha. Powered by Blogger.

Featured Post

Berbagi Pengalaman menjadi Blogger Sukses Penghasilan RATUSAN JUTA Rupiah

Mungkin sebagian orang menganggap kegiatan blogging itu hanyalah sebuah kegiatan yang hanya menghabiskan waktu saja. dengan kata lain, bl...