Searching...
25 December 2015

Memanfaatkan teknologi informasi sebagai media pendidikan

12/25/2015 09:24:00 AM
Di era modern seperti seperti sekarang, perkembangan teknologi sangat berkembang pesat terutama di bidang teknologi informasi dimana semua orang dapat mengakses informasi dengan mudah, cepat dan aman dimanapun dan kapanpun.
Tentunya banyak sekali manfaat yang didapat dari kemajuan ini, tapi tak sedikit pula dampak negatif yang muncul akibat kemajuan ini. Tetapi selama kita menggunakannya dengan bijak dan wajar, maka hal yang akan kita kita perolehpun meliputi hal-hal yang positif. Memang, dampak negatif dari perkembangan ini juga cukup signifikan. Kelemahan penyaringan konten informasi yang belum cukup ketat, membuat sebagian informasi yang bersifat negatif, entah itu konten pornorgafi, perjudian, konten SARA, pembajakan situs dan lain sebagainya sangat mudah didapatkan. Dalam hal ini lagi-lagi anak yang masih dibawah umur menjadi korbannya terutama remaja. Hal ini dapat mempengaruhi kondisi kejiwaan anak-anak remaja jaman sekarang. Konten yang seharusnya tak boleh mereka akses, dapat dengan mudah mereka peroleh. Hal ini tentunya sangat berbahaya. Selain itu, game-game online yang sedang marak dikalangan remaja saat ini dapat membuat mereka kecanduan dan akhirnya membuat mereka lebih sering menghabiskan waktu mereka didepan layar dibandingkan belajar atau membantu orang tua dirumah.
Sebenarnya masih banyak hal lain lagi dampak-dampak negatif dari kemajuan informasi digital ini, tetapi kali ini yang kita bahas adalah manfaat dari kemajuan teknolgi informasi itu sendiri.


Memanfaatkan teknologi informasi sebagai salah satu media pembelajaran/pendidikan disekolah tentu merupakan hal yang positif dan sangat bermanfaat. Apalagi mayoritas siswa sekarang sudah memiliki gadget untuk mengkases informasi. Tetapi kebanyakan, mereka hanya memanfaatkannya untuk menjalin komunikasi antar sesama pengguna dunia maya melalui situs-situs media sosial seperti facebook, twitter, instagram, path dan lain sebagainya. Selebihnya mereka hanya memanfaatkan internet untuk kebutuhan download-download  saja.
Perhatian dan pengawasan orang tua menjadi kunci agar mereka tetap berada d 'jalannya'. Dalam hal ini kita sebagai orang dewasa mempunyai perang yang penting dalam perkembangan mereka.

Kembali ke topik, memanfaatkan teknologi informasi sebagai media penyalur pendidikan merupakan hal yang hingga saat ini masih terus dikembangkan. Tak sedikit instansi-instansi maupun yayasan-yayasan pendidikan sudah memanfaatkan teknologi ini. Mereka mampu memanfaatkan celah ini sebagai media penyampaian ilmu agar dalam hal kegiatan belajar dan mengajar jadi lebih efisien dan menyenangkan. 

Salah satu media online yang digunakan sebagai media penyaluran informasi ini adalah blog online maupun website. Media yang satu ini dapat berperan sebagai media sharing  dan juga sekaligus sebagai media agar jalinan antara guru dan murid bisa tetap terhubung disaat diluar jam sekolah. Media ini bisa digunakan dengan bertujuan agar memudahkan guru maupun murid dalam menyampaikan informasi antar satu satu sama lain. Jadi kapanpun dan dimanapun, murid bisa dengan mudah mengakses informasi terbaru dari guru baik itu informasi seputar materi pelajaran, kisi-kisi soal, hasil ulangan atau ujian maupun informasi lain.

Sebaliknya, guru juga dapat dengan mudah menyampaikan informasi terbaru baik itu informasi mengenai program materi, kisi-kisi ulangan/ujian, pengumuman penting ataupun jenis informasi lainnya kepada murid secara praktis dan efisien kapanpun dan dimanapun itu tanpa harus mengganggu aktifitas masing-masing pihak diluar jam sekolah. Jadi metode pembelajaran yang bisa ditambahkan pada sekolah ini bersifat fleksibel dan saling menguntungkan pula antara guru dan murid. Dampaknya pun cukup baik dari segi komunikasi antara guru dan murid karna dapat mererat jalinan hubungan keduanya diluar sekolah. Prinsipnya membangun komunikasi yang baik bisa bisa melalui apa saja selama itu menimbulkan dampak yang baik, dengan hubungan komunikasi yang baik antara guru dan murid maka proses kegiatan belajar dan mengajar akan terasa lebih menyenangkan dan mengasyikkan, hasilnya murid bisa jadi lebih konsentrasi dan meraih prestasi setinggi-tingginya.

Apakah artikel ini menarik? Berikan komentar anda tentang artikel ini.

0 komentar:

Post a Comment

Shaftia Adi Nugraha. Powered by Blogger.

Featured Post

Berbagi Pengalaman menjadi Blogger Sukses Penghasilan RATUSAN JUTA Rupiah

Mungkin sebagian orang menganggap kegiatan blogging itu hanyalah sebuah kegiatan yang hanya menghabiskan waktu saja. dengan kata lain, bl...