Searching...
24 December 2015

Pengalaman Blogging Saya

12/24/2015 03:41:00 AM
Kenapa disini saya tuliskan "Pengalaman Blogging Saya"? Jujur saja awal mula saya belajar blogging sejak dari masuk SMK, karna saya mengambil jurusan TKJ atau Teknik Komputer dan Jaringan.
Banyak lmu-ilmu dasar mengenai blogging ini saya peroleh dari guru saya dan juga dalam kegiatan belajar mengajar saya. Memang sih sebenarnya blogging itu merupakan suatu kegiatan yang menyenangkan. Blogging dapat memancing kita untuk menggali informasi sedalam mungkin, blogging dapat mengisi waktu luang kita, blogging membuat kita untuk berpikir lebih keras karna kita dituntut untuk membuat artikel atau posting yang berbobot.

Nah disinilah kemampuan blogger dalam menulis diuji. Bukan hanya tentang bagaimana cara menulis artikel yang baik dan benar saja, tetapi banyak aspek-aspek lain yang penting untuk diperhatikan sebelum kita memutuskan untuk mempublikasikan/membagikannya.
Artikel yang baik adalah artikel yang berbobot, artikel yang dibuat dari hasil karya sendiri, bukan artikel yang asal jiplak atau copas dari tetangga sebelah.

Sebenarnya tak ada salahnya juga mengintip tetangga sebelah, tetapi perlu kita perhatikan, kita tak boleh sepenuhnya meniru hasil karya orang lain.  Dalam hal ini, untuk mendapatkan artikel yang menarik kita bukan meniru/sekedar copas melainkan mencermati titik permasalahan pada suatu posting artikel kemudian kita olah dan kita survey apakah materi yang dibahas tersebut telah memenuhi standar kepuasan para pembaca atau bahkan dapat memecahkan masalah yang sedang dialami oleh para pembaca.

Kita amati, kita olah lagi dan kita cari solusi sendiri yang nantinya bisa kita tuangkan dalam artikel yang akan kita posting. Untuk membuat sebuah posting artikel tak perlu terburu-buru agar hasilnya optimal dan matang. Kualitas dari sebuah artikel tak hanya dinilai dari kecepatan penulis dalam menerbitkan suatu artikel/postingan namun juga dari segi isi artikel itu sendiri, kemudian susunan bahasa dan pemecah masalah atau norma-norma yang terdapat pada suatu artikel.

Saya sebagai pemula mungkin belum bisa memberikan banyak tips serta kiat-kiat menjadi blogger yang sukses yang tak hanya dipandang dari kesuksesan materi yang didapat dari blogging itu sendiri, tapi dari pengalaman membaca kiat-kiat yang banyak dibagikan di Internet, saya dapat memetik suatu pelajaran berharga bagi saya bahwasanya ketika kita hendak melakukan suatu kegiatan yang positif entah apapun itu luruskan niat kita terlebih dahulu dan arahkan jauh kedepan, karna sayang jika niat baik kita tersebut hanya sebatas sekedar sensasi belaka, yang pada akhirnya tidak akan bertahan lama. Tempatkanlah niat tersebut sejauh arah mata memandang, bahwasanya niat kita ini bukan hanya sekedar untuk meraih kepuasan batin saja, tetapi juga bagaimana niat ini kedepannya akan tumbuh dan terus berkembang menjadi suatu investasi masa depan yang tak ada habisnya. Contohnya, ada seorang blogger yang membangun blognya untuk meraih penghasilan sebanyak-banyaknya dari blognya. Tetapi karna niatnya hanya untuk menjadi "jutawan" akhirnya dia enggan mempelajari tentang hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan agar kualitas blog tersebut baik karna yang dipikirkannya hanyalah mencari uang sebanyak-banyaknya. Akhirnya dia hanya sembarang posting, tak memperdulikan kualitas postingannya tersebut, menempelkan iklan disana dan disini, mengikuti berbagai program affiliasi sehingga yang terjadi pada blognya adalah kerugian dari sisi non moril, seperti sepi pengunjung, traffic yang tak menentu dan yang paling parah adalah blog dibanned pihak google.

Berbeda jika kita meluruskan niat dan menatanya jauh kedepan misalnya ada blogger lain yang membangun sebuah blog yang tujuannya tersebut murni untuk berbagi informasi kepada khalayak pembaca. Sudah sangat jelas berbeda dengan contoh pertama. Karna niat tulusnya tersebut si blogger ini rajin membaca artikel-artikel tentang bagaimana membangun sebuah blog yang berkuakitas, kemudian mempelajari tips-tips menulis artikel yang baik dan berbobot dan mencermati kiat-kiat meningkatkan trafic/pengunjung blog setiap harinya.

Dari sisi penghasilan pun akan sangat jauh berbeda dengan blogger pertama. Jika dilihat dari sisi kualitas blog maka Blog dari Blogger kedua ini akan menjadi blog yang berkualitas dan banyak diminati pembaca sehingga menarik para pembaca untuk berlangganan. Secara otomatis trafic harian pun akan terus meningkat dan tak blogger kedua tak perlu repot memasang iklan kesana kemari. Dengan banyaknya pengunjung blog maka peluang untuk menghasilkan uang jadi lebih besar.
Akhinya karna berawal dari usaha atau bisa kita simbolkan dengan angka 1 yang didasari dari niat tulus ini atau bisa kita simbolkan dengan 0 maka hasil yang akan didapatpun Tak Terhingga !
Jadi jika kita translatekan kedalam rumus matematika, maka akan kita dapat rumus 1 : 0 = ~ (Tak terhingga)

Dari contoh pertama dan kedua, dapat kita simpulkan bahwasanya mereka melakukan hal yang sama yakni Blogging tetapi Hasilnya yang mereka dapat berbeda. Itu semua karna pengaruh Faktor yang kelihatannya sepele tapi dapat mempengaruhi masa depan yang akan diraih. Dan Faktor tersebut adalah Niat.

Jadi sobat blogger sekalian, sekeras apapun usaha kita untuk mencapai tujuan yang kita inginkan apabila tidak didasari dengan niat yang tulus dan murni, maka akan sia-sia saja usaha kita tersebut. Tetapi sekecil apapun usaha kita untuk meraih dan mewujudkan impian kita apabila kita barengi dengan niat yang tulus, maka impian dan cita-cita tersebut akan mudah kita raih selain itu kita juga dapat merasakan kepuasan batin tersendiri dalam menjalani serta saat kita telah mencapai tujuan kita.
Sekian dari saya, mohon maaf apabila banyak salah-salah kata atau kalimat atau penjelasan saya yang ngelantur dan ngawur, karna saya juga masih dalam proses belajar. Segala bentuk kritik dan saran akan sangat membantu saya dalam mengembangkan blog ini. Terima kasih.

Sincerely,
Shaftia Adi Nugraha
Owner

0 komentar:

Post a Comment

Shaftia Adi Nugraha. Powered by Blogger.

Featured Post

Berbagi Pengalaman menjadi Blogger Sukses Penghasilan RATUSAN JUTA Rupiah

Mungkin sebagian orang menganggap kegiatan blogging itu hanyalah sebuah kegiatan yang hanya menghabiskan waktu saja. dengan kata lain, bl...